Biar Tangan Yang Bercerita

Sunday, February 18, 2018

SAJETE PERSIJA !!!!


Tulisan ini tercipta sebagai bentuk apresiasi untuk kemenangan Persija dalam meraih juara dalam Piala Presiden, dan juga sebagai bentuk apresiasi kepada Ghea Idol yang menjawab pertanyaan gua dalam video QnA yang ada dalam channel youtube Indonesian Idol sehingga membuat gua tahu kalau Ghea ternyata kalo menggoreng ikan ngga mundur-mundur heuheuheu....


Apa yang gua tulis kali ini sebenernya ngga ada kaitannya sama sekali sama Persija yang lagi jadi juara apalagi sama Ghea yang kalo goreng ikan ngga mundur-mundur. Tapi gua mau nulis ini karena terinsiprasi dari kisah seorang bocah SMA yang ada di deket rumah gua. Karena bocah SMA jadi ga jauh lah ama kisah percintaan, persahabatan, dan tawuran.

Jadi di belakang rumah gua itu ada tempat parkir anak SMA yang dikelola sama anak tongkrongan rumah gua. Terus di situ ada saung yang lama kelamaan jadi tempat tongkrongan anak SMA yang pada markir disitu. Ada yang numpang neduh sambil nunggu temen, ada yang mau sekedar maen gitar, ada yang mau cuci mata liat cewe-cewe sekolahnya sampai yang numpang maen Mobil Lejen (moba kok analog).

Dari kebersamaan itu akhirnya timbullah keakraban beberapa bocah SMA yang sering nongkrong di saung sama anak-anak tongkrongan daerah rumah gua. Salah satunya ada bocah yang namanya Acong, dipanggil Acong karena matanya rada sipit kaya orang cina. Nah, dari dia nih tulisan ini mulai diketik.

Beberapa minggu yang lalu, waktu itu sekitar jam 2 siangan kalo ngga salah, Acong tiba-tiba dateng ke saung padahal jam balik anak sekolahnya itu jam 12 siang. Di saung waktu itu ada gua sama dua orang temen gua. Ditanya dah si Acong sama salah satu temen gua, “Lu ngapain cong dateng jam segini?”.

Si Acong mukanya yang udah kusut terus ngejawab “gua mau temuin cewe gua bang, gua abis diputusin nih”. Kita yang punya tenggang rasa dan simpati berlebih menghibur Acong dengan mentertawakan keadaannya. Acong pun lalu bercerita tentang kronologisnya sehingga dia bisa putus sama cewenya.

Acong yang ternyata hari itu ngga sekolah katanya kesiangan tiba-tiba dibangunin sama nyokapnya. Nyokapnya nunjukin sms yang dikirim cewenya ke hape nyokapnya. Jadi Acong tuh hapenya rusak terus dia berhubungan sama cewenya lewat hape nyokapnya. Nyokapnya ga masalah karena udah kenal juga sama cewenya katanya. Jadi sms yang dikirim cewenya itu minta putus dengan alasan si Acong selingkuh dan dari sms itu ngebuat nyokapnya Acong nangis soalnya anaknya udah selingkuhin anak orang.

Acong yang masih setengah sadar langsung seger denger berita kaya gitu. Langsung dia pinjem hape nyokapnya buat nelpon cewenya buat klarifikasi masalahnya. Setelah di telpon ternyata masalahnya adalah waktu itu si Acong nganterin cewe lain ke mana gitu gua lupa dan yang nyuruh nganterin tuh cewe justru cowonya jadi ya Acong ngerasa ga masalah lah dia pikir. Pas di jalan, dia ketemu ama sahabat cewenya si Acong, ditegur ama si Acong dong karena itu sahabat cewenya dan ternyata masalahnya timbul justru dari situ. Beberapa hari kemudian ngga ada masalah yang terjadi di hubungan Acong sama ceweknya, hingga akhirnya sahabat cewenya Acong ini cerita ke cewenya Acong kalo dia ngeliat si Acong lagi boncengan sama cewek waktu itu.

Mendengar itu hati wanita mana yang tidak patah hatinya, teriris sembilu mungkin rasanya. Maka tanpa menunggu klarifikasi dari Acong langsung saja kata perpisahan terucap dari ceweknya dan akhirnya membuat nyokapnya Acong menangis. Acong ini anak yang sayang emak, jadi dia ga tega ngeliat nyokapnya nangis gitu jadi dia bilang ke emaknya kalo semua itu salah paham dan akan jelasin ke cewenya dan hingga akhirnya dia terdampar di saung ini.

Lah terus ngapain si Acong ke saung? Jadi ternyata cewenya masih di sekolah katanya lagi ikut bimbel wajib dari sekolah (Acong sama cewenya ini udah kelas 3 SMA). Acong niatnya mau nungguin cewenya terus nyuruh dateng ke saung tapi cewenya nolak dan gamau ketemu entah kenapa. Akhirnya Acong pamit ke kita buat nunggu cewenya di depan sekolah biar langsung ketemu.

Selang beberapa hari waktu berjalan, Acong kembali datang dan dia ceritakan apa yang terjadi sepeninggal dia berangkat menemui ceweknya. Jadi pas dia nunggu di depan sekolah, sampai semua anak kelas 3 yang bimbel keluar semua dia ngga ketemu cewenya, dia lalu masuk ke kelas cewenya dan ngga dia temui batang hidung kekasihnya tersebut tapi dia melihat sahabat cewenya yang menjadi awal prahara hubungannya itu, disamperin dah tuh terus dia tanyain kemana cewenya awalnya dia bilang ngga tau sampe akhirnya setelah dipaksa baru dia bilang katanya cewenya lagi pergi sama cowo lain. Gelap mata lah si Acong, terus dia tanyain kemana perginya setelah tahu dia langsung bergegas nyamperin setelah sebelumnya ngancem sahabat cewenya buat jangan kasih tahu kalo dia mau mergokin cewenya itu.

Setelah sampe di tempat yang di kasih tahu, bener aja si Acong ngeliat cewenya lagi berduaan sama cowok sambil ketawa-ketawa berbanding terbalik sama keadaan pas ditelpon si Acong yang nangis-nangis ngga karuan. Melihat hal itu maka pria mana yang tidak panas hatinya, disamperin dah tuh mereka sama Acong dan tanpa basa-basi langsung digebukin tuh cowo sama Acong dan cewenya cuma bisa shock terus nangis sambil berusaha melerai.

Setelah puas Acong lalu minta penjelasan dari mereka berdua dan keduanya sepakat bilang kalau mereka hanya berteman tapi tentu saja itu tidak bisa diterima oleh cara berpikir Acong. Akhirnya cowok tersebut pergi dan tinggalah Acong dan ceweknya berdua untuk saling memberi penjelasan dan akhirnya mereka balikan lagi, begitu akhir dari cerita Acong.

Sebenarnya ada beberapa hal yang ingin gua sampaikan ke Acong waktu itu tapi gua urungkan karena gua sadar bahwa ngasih tahu orang yang udah buta sama cinta itu kaya pengen Fadli Zon jadi Presiden Indonesia alias susah. Tapi gua yakin Acong bakal ngerti sendiri nanti karena gua pun pernah ada di posisi kaya dia heueheuheu...

Beberapa hal itu, yang pertama kalau pasangan lu selingkuh yang bajingan itu bukan cuma selingkuhan pasangan lu tapi pasangan lu juga. Karena kalo selingkuh itu yang pasti suka sama suka bukan cuma salah satu doang yang suka. Jadi kalo suatu saat pasangan lu selingkuh jangan cuma salahin selingkuhannya pasangan lu doang tapi salahin pasangan lu juga, dan lu juga ga berhak nyalahin diri lu sendiri karena pasangan lu selingkuh. Apalagi kalo pasangan lu beralibi kalo dia selingkuh karena sikap lu yang ngga banget buat dia, halah tai...nih ya, kalo ngerasa pasangan lu sikapnya menurut lu ngga banget ya dikasih tahu suruh diubah kalo ternyata masih ngga bisa ya udah lepasin bukannya di selingkuhin.

Yang kedua, kalo lu putusin pasangan lu karena merasa udah ngga cocok dan setelah beberapa saat ternyata lu sadar bahwa yang lu lakuin itu salah dan pengen buat balikan lagi maka lu harus perjuangin buat nunjukin kalo yang waktu itu lu lakuin salah dan lu harus ngeyakinin dia buat lebih baik lagi, tapi kalo dia yang mengakhiri hubungan itu ya berarti lu harus sadar diri bahwa selama ini lu ngga cukup baik buat dia, dan apalagi setelah lu tunggu dia juga ngga balik lagi buat perbaiki hubungan kalian berarti itu dia udah yakin kalo berpisah adalah jalan terbaik.

Dan lu, harus sadar diri ketika dia yang mengakhiri hubungan kalian dan setelahnya ngga ada itikad dari dia buat memperbaiki hubungan itu ya lu harus nahan ego lu buat ngajak buat mulai lagi ketika keadaannya lu justru berharap bisa balik lagi. Karena dengan keputusan dan sikapnya itu udah ngasih sinyal bahwa dia ngga mau bersama lagi seandainya dia masih berusaha mengajak basa-basi pun lu harus sadar kalo itu dia lakuin agar akhir dari hubungan kalian tidak menjurus kearah permusuhan dan seandainya lu gabisa menahan ego dan akhirnya malah mengajaknya buat mulai lagi justru itu akan membuat dia terganggu sama sikap lu yang masih berharap bersama padahal dia justru udah ngga ada rasa. Jadi kasihanilah dia dengan tidak menganggunya dan kasihanilah dirimu sendiri dengan berdamai dengan perasaan dan diri sendiri.

Yang ketiga, aku sayang mama. Pas inget nyokapnya Acong gua jadi inget sama nyokap gua dan jadi inget juga udah lama ngga ziarah. Semoga Bunda di sayang Allah.

Udah ah segitu aja dulu capek ngetiknya, gua yakin seiring berjalannya waktu Acong bakal paham sama apa yang udah gua tulis disini tanpa harus dia baca. Karena pada akhirnya nanti dia sadar bahwa dia bukan Michael Jackson yang bisa berjalan dengan gaya MoonWalk tapi dia adalah manusia normal yang berjalan ke depan.

Fastabiqul Khairat.


Wassalam.